Rabu, 16 Agustus 2017

Kuliah dan Bekerja

Foto by Pinterest


Persaingan di dunia kerja semakin bertambah berat. Makanya kita harus bisa menambah ilmu yang kita miliki. Salah satunya dengan sekulah kembali. Tapi pasti berat banget ya bekerja sambil kuliah lagi. Otak ini tuh kayaknya sudah lamaa banget ngga diasah. Jangankan buat mikirin pelajaran, hitung-hitungan sembilan dibagi dua ajah harus pake kalkulator sekarang mah. Belum lagi me time yang sudah makin sedikit harus dikurangi lagi untuk ngurusin segala macam urusan dunia perkampusan. Beluman lagi mikirin tambahan biaya. But dont worry be happy. Demi kehidupan yang lebih baik di masa depan, bolelah kita bersusah-susah di masa sekarang.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika memutuskan hendak bekerja sambil kuliah. 

Mempersiapkan biaya dan jurusan yang akan dipilih

Ini adalah hal paling dasar yang harus dipersiapkan. Harus direken-reken berapa dana yang harus dipersiapkan untuk kuliah kembali. Dari mulai biaya masuk, uang persemester, dan biaya sehari-hari. Pilih jurusan yang sesuai dengan pekerjaan saat ini. Bisa siy mengambil jurusan yang sangat berbeda dari pekerjaan sekarang, tapi kan sayang banget ilmu yang sudah didapat dari pekerjaan yang sudah dijalani selama ini. Dan Setidaknya ketika menjalani perkuliahan nanti, kita sudah memiliki dasar-dasar ilmunya.

Mempertimbangkan lokasi tempat kerja dan kampus

Kalau bisa carilah lokasi kampus yang berdekatan dengan kantor. Karena kalau jauh, pas kangen mereka bisa apa? Tapi memang ada beberapa jurusan yang kampusnya sangat terbatas. Mungkin bisa mempertimbangkan dengan bawa kendaraan sendiri (baca:motor). Baswei pun bisa jadi pilihan, karena transportasi kebanggaan jekardah ini sekarang sudah lebih nyaman dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Tempat duduk dan antrian untuk perempuan dan lelaki pun dipisah di beberapa halte. Tapi memang di jam-jam tertentu baswei amat sangat padat. Ini kadang membuat penumpang tidak nyaman.
Selain baswei, ojek online pun bisa dijadikan alternatif. Apalagi untuk manusia seperti saya yang ngga bisa naik motor. Praktis dan aman. Tapi usahakan kuota internet dan pulsa mencukupi. Donlot beberapa aplikasi ojek online, karena kadangkala aplikasi tersebut bisa erorr juga.

Meminta izin pada atasan

Bisa ajah diam-diam kuliah tanpa memberitahu pak bos. Tapi resiko terpaksa ditanggung sendiri. Dengan memberitahu atasan, maka akan lebih mudah untuk kita untuk meminta dispensasi. Entah untuk urusan waktu kerja maupun yang lainnya. Ketika sudah lulus nanti pun akan lebih mudah untuk meminta kesetaraan pendidikan. Dan barangkali juga hati pak mbos tersentuh dan beliauw berminat untuk membantu biaya sekolah kita. Ini barangkali loh yaa.

Persiapkan Mental dan Fisik

Lelah dan kecapekan pastilah, namanya saja seharian beraktifitas. Apalagi di saat-saat awal, stamina pasti bakal sempat ngedrop. Makan makanan yang bergizi dan jangan lupa dopping alias multivitamin untuk stamina dan daya tahan tubuh. Gunakan waktu yang tersisa di sela-sela kesibukan untuk beristirahat. Bisa memanfaatkan waktu perjalanan untuk tidur sejak. (mohon tidak dicoba untuk yang membawa kendaraan sendiri.)

Kurangnya waktu bersama orang-orang tercintah *tsahh


Untuk istirahat ajah kurang apalagi untuk kumpul-kumpul bersama keluarga. Kalau sudah ada waktu di rumah rasanya pingin hibernasi ajah kayak beruang kutub. Tapi inilah konsekuensinya bekerja sambil kuliah. Diri ini pasti hanya disibukkan oleh tugas kampus dan kerjaan. Apalagi untuk buibuk yang memiliki anak kecil. Harus Kuat-kuatin hati di kala ajak jalan anak di taman komplek, trus diliatin sampe sebegitunya sama teman si kecil, lalu dia bertanya dengan ringannya tanpa rasa bersalah “Mama kamu mana? Mama yang biasanya itu loo.”

Pengeluaran lebih besar

Ongkos, buku-buku kuliah, perlengkapan ngampus, makan, juga hal-hal printilan lainnya. Bisa membawa bekal dari rumah, dengan menu yang simple dan ngga gampang basi. Memanfaatkan Nebeng sama temen yang searah dari kantor maupun kampus bisa menghemat ongkos juga.

Segala hal yang kita kerjakan pasti ada konsekuensinya. Tapi kalau sudah di perjalanan nanti, seberat apapun yang dirasa tetap bertahan yaa. Perjuangan ini hanya sementara. Ketika rasa lelah, capek, depresi karena tugas kampus dan beban kerja bikin frustasi, ingatlah saat-saat gajian.




#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia




Reaksi:

2 komentar:

  1. Saya banget ini mah kerja sambil kuliah. Pas libur hibernasi hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. demi masa depan yang lebih cerah ya mbaa, hihihi ^^

      Hapus